Cryptography

Definisi

secara bahasa Cryptography berasal dari kata crypto=rahasia dan graphy=tulisan. Jadi, cryptography dapat diartikan sebagai tulisan rahasia. Secara istilah dapat di deskripsikan sebagai studi tentang teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan keamanan informasi.

Metematika berhubungan dengan teori bilangan.

Teknik Cryptography

Teknik cryptography terdiri dari simetri (konvensional/clasic) dan asimetri (publik). Teknik ini digunakan untuk mengamankan aplikasi (kemanan informasi) sehingga dapat menjaga kerahasiaan, integritas data, autentikasi dan non-repudiation (contoh untuk mengantisipasi di kemudian hari ada salah satu pihak yang mengingkari kebijakan atau kesepakatan tertentu)

Terminologi dasar

Plaintext (P) : Teks aseli;
Ciphertext (C) : Teks hasil enkripsi
Chiper : Teknik atau metode untuk mentransformasi P ke C
Key : Kunci
Encipher : Enkripsi (proses mengubah P -> C)
Decipher : Deskripsi (proses mengubah C -> P)
Cryptanalysis : Teknik-teknik untuk mengubah C -> P tanpa mengetahui kunci yang digunakan
Codebreaking : Teknik-teknik untuk mengubah C -> P tanpa mengetahui kunci yang digunakan
Cryptology : Meliputi Cryptograpy dan Cryptanalysis

Mengapa Criptography diperlukan.?

Cryptography diperlukan karena pada dasarnya informasi sangat peting bagi segala aspek, tuntutan kemanan informasi berubah dari waktu ke waktu. Perubahan tuntutan ini terjadi kerena transpormasi atau penggunaan perlengkapan kebutuhan utama untuk pertukaran informasi, dari mulai cara tradisional (fisik) yang membutuhkan mekansime pengarsipan/administrasi secara fisik dan membutuhkan space yang lebih besar, menggunakan automatisasi komputer personal, sampai transfer informasi melalu penggunaan jaringan komputer, baik intranet, maupun internet yang sekarang menjadi trend dan kebutuhan.

%d blogger menyukai ini: