Kemarin sempat ada rekan yang mengalami komputernya tiba-tiba tidak bisa loading windows xp nya. Setelah booting muncul tulisan “NTLDR is missing, Please press CTRL+ALT+DEL to restart” kalau tidak salah seperti itu tulisannya. Anda pernah mengalaminya? Atau anda sudah tahu cara mengatasinya, jika sudah maka anda tidak perlu meneruskan membaca tulisan ini, karena mungkin apa yang ada di sini sama seperti yang telah anda lakukan untuk mengatasinya. Pertama saya pikir harus install ulang, tapi saya coba cek dulu kabel-kabel datanya, saya cek RAM nya, baru kemudian saya hidupkan. Cara mengatasi NTLDR is missing atau hilangnya file system windows NTLDR sebagai berikut:

  1. Siapkan CD installer windows xp nya
  2. Setting biosnya untuk first bootnya pada CD
  3. Masukkan CD installer ke CD/DVD rom
  4. Setelah sampai kepada tulisan “press any key to boot from CD” tekan tombol apa saja
  5. Setelah ada pilihan setup pilih R (tekan tuts R) untuk repair
  6. Tunggu beberapa saat sampai ada pilihan 1 C:\Windows, pilih saja 1 dengan menekan angka 1 jangan menekan Enter dulu sebelum mengetik 1
  7. Jika ada password admin silakan diisi jika kosong tekan Enter saja
  8. Setelah bisa login di layar akan “C:\Windows>”  copy file system NTLDR dan NDETECT dari CD installer ke C:\  dengan cara (disini d: adalah drive CD rom):
    • copy d:\i386\ntldr c:\

    • copy d:\i386\ntdetect.com c:\

  9. Bim salabim … komputer sudah bisa dijalankan normal lagi setelah direstart

Untunglah tidak perlu diinstall ulang, kata teman saya itu di situ banyak file penting pribadinya, ada tentang skripsinya juga. Semoga bermanfaat …

ref:benpinter