Cara Menghapus Data Dengan Aman

Anda mungkin telah tahu apabila sewaktu anda menghapus data di hard disk (HD), data anda tidak benar-benar terhapus. Yang tidak banyak diketahui adalah, HD anda telah datang dengan mekanisme yang dapat menghapus data anda secara bersih atau yang disebut secara “aman.”

Informasi data disimpan oleh komputer anda di sebuah direktori sehingga dapat dibaca oleh operating system (OS) anda dengan mudah. Bagi anda yang belum tahu, pada saat anda menghapus data di komputer anda dengan tombol “delete,” yang dihapus oleh OS anda hanyalah menghapus informasi referensi di OS anda sehingga OS anda tidak dapat menemukan kembali data tersebut.

Beberapa program yang memiliki fitur file recovery mempu membaca data di HD anda secara fisik, walaupun OS anda mengira bahwa lokasi tersebut tidak memiliki informasi apapun.

Apabila anda memiliki data-data sensitif seperti informasi bisnis, medis dan terutama data-data finansial, fitur “delete” sederhana OS anda tidak akan melindungi data anda dari dibaca orang lain saat anda membuang media penyimpanan anda.

Jadi apakah solusi untuk menghapus data anda secara aman? Secure Erase merupakan perintah yang sudah dimiliki oleh sebagian besar HD ATA yang diproduksi sejak tahun 2001. Fitur ini biasanya dimatikan oleh sebagian besar BIOS motherboard yang beredar di pasaran sehingga wajar saja apabila Secure Erase masih belum banyak dikenal. Saat menghapus data, Secure Erase menulis ulang semua permukaan yang ada di HD anda termasuk data yang tersimpan di bagian “bad block,” data di block yang telah memiliki data sebagian, direktori dan semuanya. Data yang telah dihapus dengan Secure Erase sudah tidak dapat dibaca kembali.

Alternatif lainnya adalah beberapa perangkat lunak open source atau gratis yang dapat anda gunakan untuk menghapus data anda secara aman. Salah satunya dinamakan Boot and Nuke. Selain itu ada juga aplikasi Secure Erase gratis yang dikembangkan oleh Gordon Hughes.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: