Mengatur Form ke tengah


Secara default, ketika kita mencoba membuat form di Visual Basic 6 dan menjalankannya, maka form itu akan terbuka secara sembarangan, biasanya di sebelah kiri pojok atas. Jika kita membuat aplikasi dengan profesional looking, tentu hal ini tidak bagus. Kita harus mengaturnya dengan letak yang baik, tepat di tengah layar misalnya. Nah di artikel ini saya akan berbagai satu function yang akan membuat form kita terbuka tepat di tengah layar. Function ini sangat sederhana, kita akan menggerakan form ini ke koordinat tengah layar.

Logika dari function ini adalah mengambil lebar layar dikurangi dengan lebar form nya lalu di bagi 2. Tentu hal akan membuat sudut kiri form akan di letakan dimana ’sisa’ space kosong sebelah kiri dan kanan form akan memiliki lebar yang sama. Untuk tinggi form juga akan di gerakan dengan perhitungan yang sama.

Nah, berikut adalah function bentuk jadinya.

Sub TengahkanPersis(f As Form)
' Tengahkan form yang anda maksud
f.Move (Screen.Width - f.Width) \ 2, ((Screen.Height - (f.Height)) \ 2)
End Sub

Untuk menggunakan form itu, letakan di prosedur Form_Load. Jadi begitu form terbuka, function TengahkanPersis akan di panggil dan akan meletakan form anda di tengah-tengah layar. Berikut contoh pemanggilan function ini.

Private Sub Form_Load()
'/tengahkan form
TengahkanPersis Me
'/baris berikut isi dengan function yang lain.
End Sub

Semoga artikel ini bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: