Validasi Data Di Microsoft Excel

combo_exJika anda adalah pengguna Microsoft Excel, tentu salah satu tugas kita sebagai pembuat project-nya tentu kita akan membuat project tersebut berisi dengan data-data yang akurat. Tetapi sayangnya secara default, Excel tidak menjaga keakuratan data anda tersebut. Dan hal itu akan berpengaruh pada hasil analisa laporan anda karena banyak data input yang tidak sesuai yang anda harapkan.

Tetapi jangan kuatir, Excel juga telah menyediakan cara untuk anda. Fitur tersebut bernama Data Validation. Untuk penggunaannya sebagai berikut:

  1. Setelah Microsoft Excel anda terbuka, ketikan daftar isian yang anda inginkan.
    Tulis data
  2. Arahkan ke cell dimana anda ingin isian dilakukan.
  3. Klik menu Data -> Data Validation.
  4. Di tab Settings, beri combo Allow: nilai List,  klik isian Source lalu blok data yang sudah anda buat di langkah 1.
    Settings
  5. Klik tab Error Alert. Pastikan radio check Show error after invalid data is entered dalam keadaan tercentang. Untuk Style pilih Stop lalu tulis Title kotak peringatan dan Error Message: dengan isi kesalahan. Lalu klik tombol OK.
    Error alert
  6. Nah, sekarang jika kita akan memasukan nilai di cell tersebut, akan muncul tombol anak panah kebawah yang jika di klik akan muncul nilai-nilai yang sudah di tentukan.
    hasil
  7. Dan jika anda memaksa mengisi dengan nilai di luar data tersebut, kotak peringatan yang telah anda konfigurasi tersebut akan muncul.
    Kotak peringatan

Dengan demikian data yang dimasukan bisa valid dan sesuai dengan yang anda harapkan.

src:edisusanto_dot_com

%d blogger menyukai ini: