Penyebab komputer jadi lemot!

computer-crashAda banyak hal yang akan menyebabkan Sistem Komputer menjadi lambat. Yang jelas semakin lama dipakai sistem operasi akan menjadi semakin lambat. Dibawah ini ada 10 penyebab yang menurut saya komputer akan menjadi lambat.

1. System Start-up overload (Kebanyakan aplikasi yang diload pada saat start up

Ada aplikasi yang menambahkan dirinya kedalam Start Up Folder, nantinya akan dijalankan pada saat komputer dihidupkan. Dan ada juga aplikasi yang menambahkan dirinya tetapi tidak bisa diliat pada Star Up Folder. Untuk melihatnya kita bisa mengetikan pada RUN – MSCONFIG. Matikan aplikasi yang memang dianggap tidak perlu dijalankan pada saat Star Up.

2. Spyware

Malicious programs juga dapat menyebabkan kinerja komputer lambat atau lambat sekali. Karena spyware akan masuk kedalam Windows Registry dan file system yang tentunya akan mengganggu kinerja komputer. Biasanya Spyware akan menginstalkan dirinya tanpa sepengetahuan kita melalui aplikasi yang “Freeware” ataupun Crack, dan juga ada melalui halaman web yang dikunjungi. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan menginstalkan aplikasi semacam XoftspySE atau yang lainnya.

3. Kerusakan/Pembengkakan Windows Registry

Windows Registry merupakan pusat pengontrol system pada system operasi ataupun aplikasi. Jika terjadi kerusakan ataupun overload pada registry, akan menyebabkan system mengalami kegagalan untuk melakukan pengontrolan system. Dengan hal ini sudah tentu akan memperlambat performa komputer.

Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pembersihan registry yang tidak diperlukankan lagi, memadatkan ataupun mengoptimiskan registry pada PC anda.

4. Data mengalami Fragmentasi pada Hard Drive

Karena digunakan dalam waktu yang lama, otomatis data yang ada dalam komputer juga akan bertambah banyak. Semakin banyak data yang dimaksukan akan menyebabkan komputer semakin lambat. Data yang kita masukan akan diletakan secara acak pada hard disk, sehingga untuk mengakses sebuah data membutuhkan waktu loding yang cukup lama. Karena banyaknya data yang tersebar, maka akan membuat komputer semakin lambat.

Cara mengatasi hal ini dapat dilakukan proses defragmentasi dengan cara :

  • Buka My Computer
  • Right-click pada hard disk C: kemudian pilih “Properties”
  • Pilih Tab “Tools” dan pilih opsi “Defragment Now”.

5. Security Software yang memakan sumberdaya komputer

Banyaknya aplikasi Security yang diinstalkan pada komputer akan menyebabkan habisnya sumberdaya komputer seperti memory dan processor. Jadi cukup pilih 1 aplikasi yang diinstalkan pada komputer.

6. Sisa dari uninstall programs

Uninstall aplikasi melalui control panel atau dari start menu tidak selalu bisa bersih dibuang dari system, sehingga meninggalkan sisa-sisa dari aplikasi tersebut. Sisa-sisa ini akan memperlambat kinerja komputer, karena masih terdaftar dalam Windows Registry komputer.

7. Pagefile

Pagefile adalah sebuah file yang didedikasikan untuk membantu kinerja RAM, yang berfungsi sebagai tempat dimana proses berlangsung. Besar kecilnya pagefile ini ditentukan oleh besar kecilnya kapasitas RAM (secara default), namun ukuran pagefile dapat kita rubah, caranya Klik StartMenu -> Control Panel -> System -> Advanced -> Performance Setting -> Advanced -> Change pada Virtual Memory.

Sekarang kita kita bisa merubah ukuran pagefile sesuka hati. jangan lupa isi keduanya dan ingat Maximum size >= Minimum size dan setalah selesai klik set. Pembantu kinerja RAM ini juga ada kelebihan dan kekurangannya.

8. Hard Drive penuh karena internet temp dan windows temp files

Komputer akan mengatur sekitar 10% ruang harddisk yang kosong, Jika melebih batas yang sudah ditentukan, maka akan menyebabkan komputer akan menjadi lambat. Untuk mengatasi hal ini, sering2 bersihkan sampah2 dari hasil browsing ataupun temp files pada sistem anda.

9. Virus

Virus sifatnya hampir sama dengan Spyware, virus dapat datang kapan saja kedalam komputer anda. Jika komputer sudah terjangkit virus, sudah tentu akan memperlambat proses pada Komputer. Sebelum terjangkit virus, pasanglah anti virus yang sesuai dengan keinginan anda.

10. Hardware Problems

Beberapa kerusakan hardware dapat menyebabkan komputer menjadi lambat slow atau hang. Dan penyebab lain yang akan terjadi adalah akan memperlambat proses boot dan shut down pada komputer.

%d blogger menyukai ini: