Tingkat Akses Dalam Kelas di Pemrograman C++

Tingkat Akses Dalam Kelas di Pemrograman C++

Saat membuat kelas dengan C++ kita akan selalu menemukan kata kunci yang umum digunakan seperti public, private dan protected. Kata kunci ini merupakan tingkatan akses yang digunakan dalam mengakses data-data yang ada dalam program yang kita buat dengan C++. Dengan meggunakan kata kunci ini kita dapat memberikan pembatasan akses terhadap data-data yang ada dalam kelas hingga kita dapat menentukan data mana saja yang dapat diakses oleh kelas lain dan data mana saja tidak dapat (tidak boleh) diakses.

Public
Tingkat akses ini memberikan hak akses secara umum kepada kelas-kelas turunannya maupun kepada lingkungan diluar program.

Private
Tingkat akses ini hanya akan memberikan hak akses data kepada kelas yang bersangkutan saja. Data yang menggunakan tingkat akses ini tidak dapat diakses oleh kelas turunannya apalagi lingkungan diluar program. Setiap variabel atau fungsi yang tidak didefinisikan tingkat aksesnya secara otomatis akan ditetapkan sebagai data dengan tingakat akses private.

Protected
Tingkat akses ini memberikan hak akses kepada kelas turunannya tetapi tetap tidak mengizinkan lingkungan luar program untuk mengakses data ini.

Dalam program, tingkat akses dapat diterapkan pada variabel, fungsi dan kelas, contohnya adalah sebagai berikut :

//penerapan hak akses public pada variabel
public:
int y = 0;

//penerapan hak akses private pada variabel
private:
int x;

//penerapan hak akses public pada fungsi
public:
getX(){
….
statement
….
}

Untuk penerapan tingkat akses pada kelas biasanya digunakan dalam menentukan hak akses pada saat proses pewarisan, seperti berikut :

class induk {
int x;
public:
void setX(int xx) {
x=xx;
}

int getX() {
return x;
}
}

class turunan: public induk {
int y;
public:
void setY(int yy) {
y=yy;
}

int getY() {
return y;
}
}

Coba lihat pada baris kode class turunan: public induk, penerapan tingkat akses public pada proses pewarisan ini akan menjadikan setiap data public pada kelas induk tetap akan menjadi data public pada kelas turunannya.

Selain tingkat akses Public, Private dan Protected, C++ juga dapat menggunakan kata kunci Friend untuk memberikan hak akses terhadap data yang terdapat dalam suatu kelas. Kata kunci ini biasanya biasanya digunakan untuk mengakses data private yang terdapat dalam kelas yang lain. Dalam pengaplikasiannya biasanya disebut Friend Function dan Friend Class dan kebetulan disini kita tidak akan membahas hak akses ini, silahkan Anda cari disumber yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: