PENGENALAN (Pascal bag:I)

Pada bagian ini gua cuman ngejelasin secara garis besar tentang pascal dan tips penulisan program. Kita mulai, ok?

Rasanya gak lengkap kalo gak tahu sejarah pascal. Pascal adalah bahasa tingkat tinggi yang orientasinya pada segala tujuan, dirancang oleh Prof. Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan philosiphi terkenal abad 17 dari Prancis.

Profesor Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa Pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk membantu mengajar program komputer secara sistematis, khususnya pemrograman terstruktur. Pada perkembangannya banyak versi-versi pascal yang beredar, MS-Pascal, Apple Pascal, Turbo Pascal, dll. Gua pernah baca kalo pascal itu di buat karena bahasa C terlalu sulit untuk di pelajari untuk pemula.

Sekarang kita ngeliat bagaimana struktur program pascal. Pascal terdiri dari 2 bagian utama, yaitu pendeklarasian variabel dan programnya. Perhatikan contoh:

1: Program KaryaPertamaku;

2: uses crt;

3: var nama: string;

4: Begin

5:   write(‘Masukkan nama anda: ‘); readln(nama);

6:   clrscr;

7:   write(‘Hi ‘, nama, ‘apakabar?’);

8: End.

Gak usah dipikirin apa isi program itu. Tapi perhatikan strukturnya. Pada baris ke 3, itu yang disebut bagian pendeklarasian variabel. Sedangkan dari baris ke-4 s/d 8, disebut bagian pernyataan (tempat nulis program). Baris pertama itu hanya merupakan judul programnya doank, gak ditulis juga boleh. Judulnya adalah “KaryaPertamaku”, jangan pake spasi loh nulisnya (gunakan garis bawah aja).

O iya, dalam pascal ada yang disebut unit-unit lain semacam librari lah… Misalnya pada baris kedua digunakan uses crt; (berfungsi untuk memanipulasi layar teks). Perhatikan baris 6, itu adalah salah satu fungsi dari unit crt yaitu untuk membersihkan layar (sama dengan perintah cls di dos).

Perhatikan cara penulisan programnya! Setiap baris selalu diakhiri dengan titik koma “;” (kecuali pada baris ke-4 dan 8, karena itu adalah tanda dari awal dan akhir program). Selain itu program pascal selalu dimulai dengan “begin” dan “end.” (jangan lupa titiknya loh).

Bagaimana, mudah bukan? Gua kasih satu tips yang berguna. Kalo nulis program usahakan yang rapi. Ingat bila ada “Begin” pasti ada “end”, nah penulisan program diantara begin dan end itu usahakan di kasih 2 spasi atau satu tab. Perhatikan baris ke-5 s/d 7. Itu akan memudahkan penelusuran program bila terjadi kesalahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: