Kemanan Sistem World Wide Web

WORLD WIDE WEB
Merupakan sekumpulan dokumen multimedia yang saling terkoneksi, yang memudahkan perpindahan dari dokumen
satu ke dokumen lainnya. Pada dasarnya suatu web, situs, atau homepage adalah bagian dari www. Untuk menampilkan www, kita membutuhkan web browser seperti internet explorer atau mozzilla firefox.WWW bekerja dengan menggunakan teknologi yang disebut hypertext. Teknologi ini kemudian dikembangkan menjadi protokol aplikasi bernama hypertext transfer protocol (HTTP). Hypertext ini akan menggabungkan beberapa jenis representasi dan metode pengaksesan informasi dan menyajikan dalam beragam bentuk informasi seperti teks, suara, animasi, video dan lain sebagainya.

Keamanan Server WWW
Keamanan server WWW biasanya merupakan masalah dari seorang administrator. Dengan memasang server WWW di sistem anda, maka anda membuka akses (meskipun secara terbatas) kepada orang luar. Apabila server anda terhubung ke Internet dan memang server WWW anda disiapkan untuk publik, maka anda harus lebih berhati-hati sebab anda membuka pintu akses ke seluruh dunia.

Membatasi akses melalui Kontrol Akses
Sebagai penyedia informasi (dalam bentuk berkas-berkas), sering diinginkan pembatasan akses. Misalnya, diinginkan agar hanya orang-orang tertentu yang dapat mengakses berkas (informasi) tertentu. Pada prinsipnya ini adalah masalah kontrol akses.

SSL (Secure Socket Layer)
SSL merupakan salah satu metode enkripsi dalam komunikasi data yang dibuat oleh Netscape Communication Corporation. Sebagaimana yang dijelaskan dalam SSL Protocol Internet Draft (The SSL Protocol, Version 3.0 oleh ALAN O. FREIER dan PAUL C. KOCHER, dapat Anda buka di http://home.netscape.com/eng/ssl3/ssl-toc.html.
SSL adalah Protokol berlapis. Dalam tiap lapisannya, sebuah data terdiri dari panjang, deskripsi dan isi. SSL mengambil data untuk dikirimkan, dipecahkan kedalam blok-blok yang teratur, kemudian dikompres jika perlu, menerapkan MAC, dienkripsi, dan hasilnya dikirimkan. Di tempat tujuan, data didekripsi, verifikasi, dekompres, dan disusun kembali. Hasilnya dikirimkan ke klien di atasnya. (terjemahan bebas).
SSL hanya mengenkripsikan data yang dikirim lewat http. Bagaimana SSL berjalan dapat digambarkan sebagai berikut :
• Pada saat koneksi mulai berjalan, klien dan server membuat dan mempertukarkan kunci rahasia, yang dipergunakan untuk mengenkripsi data yang akan dikomunikasikan. Meskipun sesi antara klien dan server diintip pihak lain, namun data yang terlihat sulit untuk dibaca karena sudah dienkripsi.
• SSL mendukung kriptografi public key, sehingga server dapat melakukan autentikasi dengan metode yang sudah dikenal umum seperti RSA dan Digital Signature Standard (DSS).
• SSL dapat melakukan verifikasi integritas sesi yang sedang berjalan dengan menggunakan algoritma digest seperti MD5 dan SHA. Hal ini menghindarkan pembajakan suatu sesi.

HTML dan URL
Hypertext Markup Language (HTLM) adalah perintah atau bahasa terformat yang digunakan untuk membuat halaman web pada internet. Ketika membuka sebuah halaman Web, browser menginterpretasikan perintah HTML pada halaman tersebut dalam bentuk teks dan grafik Universal resource locator (URL) adalah alamat internet, diterjemahkan dari umum ke khusus. Contohnya seperti http://www.ac.anyschool.edu/newcomm.htlm. Pada penggunaan WWW, penunjukkan sumber informasi dengan metode URL merupakan konsep penanaman lokasi standar dari suatu file, direktori, komputer, lokasi komputernya dan metode yang dipakai.

Browser and Search Engine
Browser adalah interface visual yang menginterpretasikan hypertext link dan dipakai untuk memandu dari satu situs ke situs lain. Search engine adalah program pencari dokumen berdasar kata tertentu, daftar dokumen yang ditampilkan akan berisi kata yang dimaksud. Biasanya, mesin pencari ini bekerja dengan mengirimkan sebuah bot atau spider untuk mendapatkan dokumen sebanyak mungkin. Kemudian program indeker, membaca dokumen tersebut dan membuat indeks berdasar kata yang ditunjuk.
INTERNET AND WEB DEVELOPMENT Interface Web memberikan kemudahan interaksi dengan sistem internet. Akses internet yang terbuka dan mudah mempercepat arus informasi.

Real-Time Interaction
Merupakan istilah untuk menggambarkan sejumlah fitur komputer. Sistem operasi ini dapat segera merespon masukan begitu diberikan. Dalam animasi grafik, program ini menampilkan obyek bergerak dengan kecepatan yang normal.
Basisdata waktu menyimpan data persis seperti keadaan dunia nyata dari waktu ke waktu. Real-time Interaction telah mengalami kemajuan seperti peluncuran stasiun radio berbasis internet, promosi iklan dan pemutaran film, peragaan online, menyampaian berita dan hiburan elektronik, pendidikan dan pelatihan online, serta teleconference.

HTML Authoriting and Java
Dikembangkan oleh Sun Microsystem Corp. Bahasa ini memiliki kemampuan dan keunggulan seperti object-orientedprogramming, mendukung konsep sistem terbuka, mendukung pemakaian terdistribusi, baik dalam jaringan maupun internet, menghasilkan sistem yang aman, serta performasi tinggi dan dinamis. Dalam dunia Internet, Java digunakan untuk menyusun dan mengembangkan dokumen web yang menarik dan interaktif. Dengan Java, berbagai program aplikasi, animasi, multimedia dan database dapat dimasukkan dalam dokumen web. Dengan kemampuan tersebut, Java menjadi populer dan dimanfaatkan para pengembang sistem maupun para pengguna Internet. Apabila mengakses suatu alamat web berbasis bahasa Java, kita dapat menggunakan browser HotJava untuk memperoleh tampilan menarik, seperti animasi ataupun suara hasil pemograman Java.

Virtual Reality Modeling Language (VRML)
Merupakan lingkungan buatan yang dibuat dengan hardware dan software komputer yang hasilnya kelihatan nyata. Untuk masuk dalam virtual reality, pengguna dilengkapi dengan sarung tangan, earphone, dan kacamata khusus untuk berhubungan dengan sistem komputer. Untuk pengalaman yang lebih baik, piranti virtual reality juga memonitor kegiatan pengguna. Misal, kacamata khusus untuk mengikuti pergerakan bola mata dan yang direspon dengan mengirimkan
masukan video baru. Istilah virtual reality umumnya dipakai untuk menyebutkan dunia virtual yang ditampilkan dalam komputer, meski hanya berbasis representasi teks dan grafik. VRML adalah spesifikasi navigasi 3 dimensi (3D) yang memungkinkan pembuatan situs 3D. VRML memperkenalkan konsep virtual untuk dipakai di internet. Kemampuan ini dapat memenuhi berbagai aplikasi seperti pada bidang kedokteran hingga pemindaian permukaan planet di luar angkasa. VRML menjadikan internet sebagai sarana multimedia yang sangat bermanfaat.

Cottage Industry and Advertising
Internet juga dimanfaatkan industri iklan sebab sebuah situs sangat ideal untuk pemasangan iklan. Dunia maya memang tempat investasi yang sangat menjanjikan dan sangat efektif, sebab siapapun yang melihatnya kemungkinan besar akan mengklik iklan tersebut. Seiring berkembangnya teknologi, tampilan iklan di internet pun semakin canggih dan menarik.
Banyak inovasi yang ditampilkan sebagai salah satu cara menarik perhatian pengguna internet untuk membuka dan melihat situs mereka.

OTHER CONSIDERATION
Channel Capacity and implication
Perkembang penggunaan sistem internet memacu perkembangan kapasitas saluran guna memenuhi kebutuhan penggunanya. Kita dapat men-download file dengan kecepatannya yang semakin tinggi. Saat ini, bukan hanya file teks saja yang dengan mudah kita download, file audio dan bahkan video tersedia luas di internet.

Security
Sistem keamanan firewall banyak diaplikasikan. Firewall dirancang untuk menjaga sistem dari akses luar Firewall dapat diimplementasikan dalam hardware, software, atau gabungan keduanya. Firewall khususnya banyak dipakai dalam jaringan Internet, yaitu akses jaringan pribadi yang terhubung Internet, khususnya Intranet.Sebuah perusahaan dengan Intranet dan akses Internet biasanya menginstal firewall untuk menjaga data dari penyalahgunaan pihak luar. Semua pesan yang masuk dan keluar intranet melewati firewall akan memeriksa setiap pesan yang tidak sesuai dengan criteria keamanan sistem. Adapun beberapa teknik firewall :
• Packet Filter
Setiap paket yang masuk dan keluar jaringan akan diterima atau ditolak berdasar aturan yang telah dibuat. Penyaringan paket ini cukup efektif dan transparan, tetapi susunannya sangatlah kompleks
• Application Gateway
Menggunakan mekanisme keamanan untuk aplikasi tertentu seperti FTP dan Telnet server. Teknik ini sangat efektif, tetapi dapat menurunan kinerja jaringan atau komputer
• Cirucuit Level Gateway
Menggunakan mekanisme keamanan ketika koneksi Transmission Control Protocol (TCP) atau
User Datagram Protocol (UDP) dilakukan. Begitu tersambung, paket melewati host tanpa pengecekan lebih lanjut.
• Proxy Server
Teknik ini menangkap semua pesan yang keluar dan masuk jaringan. Proxy server menyembunyikan alamat jaringan sebenarnya. Dalam prakteknya, firewall diimplementasikan menggunakan beberapa teknik sekaligus.
• Sales and E-commerce/ E-business
Merupakan kegiatan perdagangan, mulai dari pemasaran, penjualan, promosi, transfer uang, yang dilakukan via Internet. Namun masalah keamanan dalam melakukan transaksi di Internet harus diperhatikan. Metode pembayaran yang lebih aman saat ini sedang dikembangkan untuk menghindari kerugian yang lebih besar.
• Montly Phyton and Privasi
Monthy Phyton fans atau lebih dikenal dengan spamming. Spam merupakan praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada sejumlah group atau email yang bisa dibilang tidak sah. Spamming mengkibatkan terhambatnya arus informasi, dan masalah ini telah mendorong pengembangan program cancelbots. Program ini berfungsi menghapus pesan spam secara otomatis.Isu privasi juga menjadi perhatian utama dalam sistem internet, sebab tiap orang bebas mengunjungi situs di internet dan dapat mendeteksi kegiatan kita. Dengan spyware misalnya,tiap situs yang kita kunjungi dapat dideteksi oleh sipengirim spyware itu.Program privasi seperti anonymous browser, yang dapat memilih pilihan membajak sesuai keinginan kita. Anonymous memungkinkan seseorang untuk mendownload file dari server.
Pengguna tanpa account dapat mengakses file-file dengan tanpa memasukan username dan memakai alamat e-mail sebagai password. Karena setiap orang dapat mengakses file yang diset untuk anonymous, maka webmaster harus selalu berhati-hati menaruh file untuk konsumsi umum.

CGI
Arti istilah Common Gateway Interface (CGI) dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :
Disingkat CGI. Penghubung berbagai aplikasi ke halalaman web. Teknologi ini sangat berjasa terciptanya interaktifitas di dalam sebuah website saat itu. Perl dan C adalah script pemrograman yang dipakai para ilmuwan dan mahasiswa-mahasiswa muda yang terlibat dalam web programming untuk membangun CGI. Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web. Setiap software dapat menjadi sebuah program CGI apabila software tersebut dapat menangani input dan output berdasarkan standar CGI.
Contoh penggunaan CGI antara lain:
• Memroses formulir (FORM)
• Interface antara WWW dengan program lain (seperti finger, who dan servis lain di sistem UNIX).
• Menjalankan atau mengaktifkan program di server WWW
• Membuat keluaran (halaman HTML) secara dinamik (on-the fly)
Bahasa pemrograman yang digunakan untuk CGI bisa bermacam-macam (semua bahasa pemrograman), mulai dari perl, sh, C, C++, tcl, Python, Java, dan masih banyak lainnya. Bahasa perl, dalam bentuk perl-script, memang paling sering digunakan karena kemampuannya dalam memroses teks (string). Karena CGI sering diimplementasikan dalam bentk script, sering kali CGI yang dibuat disebut CGI-script.

Keamanan pada CGI
CGI dapat menimbulkan lubang keamanan, karena program CGI dapat dijalankan di server lokal dari luar sistem (remote) oleh siapa saja. Apabila program CGI tidak didisain dan dikonfigurasi dengan baik, maka akan terjadi lubang keamanan. Kesalahan yang dapat terjadi antara lain:
• program CGI mengakses berkas (file) yang seharusnya tidak boleh di akses. Misalnya pernah terjadi kesalahan dalam program phf sehingga digunakan oleh orang untuk mengakses berkas password dari server WW.
• runaway CGI-script, yaitu program berjalan di luar kontrol sehingga mengabiskan CPU cycle dari server WWW

Lubang Keamanan CGI
Beberapa contoh
-CGI dipasang oleh orang yang tidak berhak
-CGI dijalankan berulang-ulang untuk menghabiskan
resources (CPU, disk): DoS
-Masalah setuid CGI di sistem UNIX, dimana CGI dijalankan
oleh userid web server
-Penyisipan karakter khusus untuk shell expansion
-Kelemahan ASP di sistem Windows
-Guestbook abuse dengan informasi sampah (pornografi)
-Akses ke database melalui perintah SQL (SQL injection)

Keamanan client WWW
Dalam bagian terdahulu dibahas masalah yang berhubungan dengan server WWW. Dalam bagian ini akan dibahas masalah-masalah yang berhubungan dengan keamanan client WWW, yaitu pemakai (pengunjung) biasa. Keamanan di sisi client biasanya berhubungan dengan masalah privacy dan penyisipan virus atau trojan horse.

Berhubungan dengan masalah privacy
-Cookies untuk tracking kemana saja browsing
-Pengiriman informasi pribadi

Attack (via active script, javascript, java)
-Pengiriman data-data komputer (program apa yang
terpasang, dsb.)
-DoS attack (buka windows banyak)
-Penyusupan virus, trojan horse, spyware

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: