Java

Apakah Java?

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan ­platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer­­. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel.

Platform Independent

Platform independent berarti program yang ditulis dalam bahasa Java dapat dengan mudah dipindahkan antar berbagai jenis sistem operasi dan berbagai jenis arsitektur komputer. Aspek ini sangat penting untuk dapat mencapai tujuan Java sebagai bahasa pemrograman Internet di mana sebuah program akan dijalankan oleh berbagai jenis komputer dengan berbagai jenis sistem operasi. Sifat ini berlaku untuk level source code dan binary code dari program Java. Berbeda dengan bahasa C dan C++, semua tipe data dalam bahasa Java mempunyai ukuran yang konsisten di semua jenis platform. Source code program Java sendiri tidak perlu dirubah sama sekali jika Anda ingin mengkompile ulang di platform lain. Hasil dari mengkompile source code Java bukanlah kode mesin atau instruksi prosesor yang spesifik terhadap mesin tertentu, melainkan berupa bytecode yang berupa file berekstensi .class. Bytecode tersebut dapat langsung Anda eksekusi di tiap platform yang dengan menggunakan Java Virtual Machine (JVM) sebagai interpreter terhadap bytecode tersebut.

JVM sendiri adalah sebuah aplikasi yang berjalan di atas sebuah sistem operasi dan menerjemahkan bytecode program Java dan mengeksekusinya, sehingga secara konsep bisa dianggap sebagai sebuah interpreter. Dengan cara ini, sebuah program Java yang telah dikompilasi akan dapat berjalan di platform mana saja, asalkan ada JVM di sana.

Kompiler dan interpreter untuk program Java berbentuk Java Development Kit (JDK) yang diproduksi oleh Sun Microsystems. JDK ini dapat didownload gratis dari situs java.sun.com. Interpreter untuk program Java sendiri sering juga disebut Java Runtime atau Java Virtual Machine. Interpreter Java, tanpa kompilernya, disebut Java Runtime Environment (JRE) dapat didownload juga di situs yang sama. Untuk mengembangkan program Java dibutuhkan JDK, sementara jika hanya ingin menjalankan bytecode Java cukup dengan JRE saja. Namun untuk mengeksekusi applet (sebuah bytecode Java juga) Anda biasanya tidak perlu lagi mendownload JRE karena browser yang Java-enabled telah memiliki JVM sendiri.

Library

Selain kompiler dan interpreter, bahasa Java sendiri memiliki library yang cukup besar yang dapat mempermudah Anda dalam membuat sebuah aplikasi dengan cepat. Library ini sudah mencakup untuk grafik, desain user interface, kriptografi, jaringan, suara, database, dan lain-lain.

Object Oriented

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek. Pemrograman berorientasi objek secara gamblang adalah teknik untuk mengorganisir program dan dapat dilakukan dengan hampir semua bahasa pemrograman. Namun Java sendiri telah mengimplementasikan berbagai fasilitas agar seorang programer dapat mengoptimalkan teknik pemrograman berorientasi objek.

Materi :

  1. Variabel
  2. Tipe data
  3. Literal
  4. Operator

Program Java umumnya dikerjakan dalam 5 tahapan

  • Edit

    Programmer menulis program dan menyimpannya di disk

    • Compile

      Compiler membentuk bytecodes dari program

        • Load

          Class loader meload bytecodes ke memori

            • Verify

              Verifier memastikan bytecodes tidak mengganggu sistem sekuriti Java

                • Execute

                  Interpreter menerjemahkan bytecodes ke bahasa mesin

                  Variabel Dalam Java

                  Variabel.java

                  Program penggunaan Variabel dalam Java

                  class Variabel {

                  public static void main(String args[]) {

                  System.out.println(“\nContoh Penggunaan variable\n”);

                  //ini salah satu contoh variable di dalam java

                  int nilai = 12;

                  char karakter = ‘b’;

                  String tulisan = “Belajar Java Di STT DUTA BANGSA”;

                  double pecahan=123.345;

                  Float pecah = new Float(14.353);

                  System.out.println(“variable int = “+nilai);

                  System.out.println(“variable char = “+karakter);

                  System.out.println(“variable String = “+tulisan);

                  System.out.println(“variable double = “+pecahan);

                  Nilai = 100;

                  // variable nilainya bisa diubah

                  System.out.println(“variable int = “+nilai);

                  }

                  }

                  Tipe Data Dalam Java

                  class TipeData {

                  public static void main(String[] args) {

                  long    data1 = 263;

                  int     data2 = 231;

                  short   data3 = 214;

                  byte    data4 = 127;

                  double  data5 = 4.9;                     // tipe data pecahan

                  float   data6 = (float) 1.4;             // tipe data pecahan

                  char    data7 = ‘a’;

                  boolean data8 = true;

                  System.out.println(“Nilai Long    : “+ data1);

                  System.out.println(“Nilai Int     : “+ data2);

                  System.out.println(“Nilai Short   : “+ data3);

                  System.out.println(“Nilai Byte    : “+ data4);

                  System.out.println(“Nilai Double  : “+ data5);

                  System.out.println(“Nilai Float   : “+ data6);

                  System.out.println(“Nilai Char    : “+ data7);

                  System.out.println(“Nilai Boolean : “+ data8);

                  }

                  }

                  Literal Dalam Java

                  class Literal {

                  public static void main(String[] args) {

                  String teks1 = “Literal String”;

                  String teks2 = “Baris 1\nBaris 2”;

                  String teks3 = “\”Tanda petik ganda\” dan tanda backslash \\”;

                  String teks41 = “\’Tanda petik satu\’ dan tanda carriage return\rTesting”;

                  String teks42 = “\’Tanda petik satu\’ dan tanda carriage return\r\nTesting Tanda pada 42”;

                  String teks43 = “\’Tanda petik satu\’ dan tanda carriage return\n\rTesting Tanda pada 43”;

                  String teks5 = “\fJakarta Kota Metropolitan\tPindah Tabulasi\bVarBackSpace”;

                  System.out.println(“Nilai Teks1 : “+teks1);

                  System.out.println(“Nilai Teks2 : “+teks2);

                  System.out.println(“Nilai Teks3 : “+teks3);

                  System.out.println(“Nilai Teks4 : “+teks41);

                  System.out.println(“Nilai Teks4 : “+teks42);

                  System.out.println(“Nilai Teks4 : “+teks43);

                  System.out.println(“Nilai Teks5 : “+teks5);

                  char   teks1 = ‘\141’;

                  String teks2 = “Nilai : \141”;

                  char   teks3 = ‘a’;

                  char   teks4 = ‘\u0061’;

                  System.out.println(“Nilai Teks1 : ” + (char) teks1);

                  System.out.println(“Nilai Teks2 : ” + teks2);

                  System.out.println(“Nilai Teks3 : ” + (int) teks3);

                  System.out.println(“Nilai Teks3 char : ” + (char) teks3);

                  }

                  }

                  Operator Aritmatika dan Relasi

                  Operator.java

                  Program Operator Aritmatika dalam Java

                  class Operator{

                  public static void main(String args[]) {

                  int x = 15;

                  int y = 4;

                  System.out.println(“Aritmatika”);

                  System.out.println(“Nilai x+y : ” +(x+y));

                  System.out.println(“Nilai x-y : ” +(x-y));

                  System.out.println(“Modulus”);

                  System.out.println(“Hasil ” +bilangan+ ” % 4 = ” +(bilangan % 4));

                  System.out.println(“Hasil ” +bilangan+ ” % 9 = ” +(bilangan % 9));

                  System.out.println(“Relasion dan Equality”);

                  System.out.println(“a > b = ” +(a>b));

                  System.out.println(“a < b = ” +(a<b));

                  System.out.println(“a = b = ” +(a==b));

                  System.out.println(“a != b= ” +(a!=b));

                  x = ~10;

                  System.out.println(“Nilai negasi x : “+x);

                  x = 170 & 34;

                  System.out.println(“Nilai and : “+x);

                  x = 170 | 34;

                  System.out.println(“Nilai or : “+x);

                  x = 170 ^ 34;

                  System.out.println(“Nilai xor : “+x);

                  x = 1170;

                  y = x >> 1;

                  System.out.println(“Nilai geser kanan : “+x);

                  x = -1170;

                  y = x >> 1;

                  System.out.println(“Nilai geser kanan neg : “+x);

                  x = 1170;

                  y = x >>> 1;

                  System.out.println(“Nilai geser kanan 1 bit 0 : “+x);

                  x = -1170;

                  y = x >>> 1;

                  System.out.println(“Nilai geser kanan 1 bit 0 neg : “+x);

                  x = 1170;

                  y = x << 1;

                  System.out.println(“Nilai geser kiri : “+x);

                  x = 1073742994;

                  y =  x << 1;

                  System.out.println(“Nilai geser kiri : “+x);

                  }

                  }

                  Operator Kondisi (?:)

                  Kondisi.java

                  Program menggunakan bentuk kondisi (?:)

                  class Kondisi{

                  void tampil_true(){

                  System.out.println(“Kondisi benar “);

                  }

                  void tampil_false(){

                  System.out.println(“Kondisi salah “);

                  }

                  public static void main(String args[]){

                  Kondisi benar = new Kondisi();

                  boolean kondisi;

                  int a, b;

                  a = 5;

                  b = 7;

                  //operator ? -> (kondisi)?jika benar:jika salah

                  kondisi = (a < b)?true:false;

                  if(kondisi)

                  benar.tampil_true();

                  else

                  benar.tampil_false();

                  }

                  }


                  Tinggalkan Balasan

                  Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

                  Logo WordPress.com

                  You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

                  Gambar Twitter

                  You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

                  Foto Facebook

                  You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

                  Foto Google+

                  You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

                  Connecting to %s

                  %d blogger menyukai ini: