UAS RPL

Latihan menghadapi UAS RPL  ada soal sbb;

Soal : Anda diminta membuat suatu sistem perpustakaan sekolah berorientasi objek. Dari proses wawancara dan pendataan kebutuhan yang diperlukan sistem ini, didapatkan keterangan sebagai berikut:

  • –          Sistem perpustakaan sekolah dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan     administrasi pengelolaan buku perpustakaan.
  • –          Buku yang dipinjam di perpustakaan terdiri atas buku yang hanya dibaca di tempat dan buku yang boleh dibawa pulang.
  • –          Anggota perpustakaan adalah seluruh siswa aktif sekolah tersebut. Keanggotaan diperoleh secara langsung sejak siswa tersebut kelas 1 dan berakhir pada saat siswa tersebut lulus kelas 3.
  • –          Sistem yang dikembangkan merupakan sistem berbasis client-server. Jumlah komputer terdapat 5 komputer, 2 komputer untuk pengunjung perpustakaan (siswa), 1 komputer untuk petugas perpustakaan, dan 1 komputer untuk kepala sekolah.
  • –          Siswa yang masuk perpustakaan wajib mengisi Buku Tamu pada komputer yang disediakan untuk khusus untuk pengunjung.
  • –          Petugas perpustakaan bertanggung jawab penuh dalam penggelolaan data buku.
  • –          Siswa sekolah mempunyai kartu anggota perpustakan sebagai bukti untuk melakukan peminjaman atau pengembalian buku. Di dalam kartu Anggota perpustakaan tersebut terdapat keterangan Kode Anggota, Nama, Kelas, dan Alamat. Kartu ini diberikan pada saat kelas 1 dan wajib dikembalikan pada saat Siswa tesebut akan lulus.
  • –          Kepala Sekolah bisa melihat laporan data pengunjung dan transaksi peminjaman.
  • –          Komputer pengunjung bisa melakukan pencarian buku sekaligus mengecek keberadaan status buku tersebut apakah dipinjam atau tersedia untuk dipinjam.
  • –          Pencarian buku bisa berdasar kategori buku, nama pengarang, judul buku.
  • –          Siswa yang akan meminjam terlebih dahulu harus mengecek pada komputer. Jika tersedia, sistem akan memberikan denah lokasi buku. Selanjutnya siswa mengambil mengambil buku tersebut untuk diberikan kepada petugas perpustakaan guna diproses dalam sistem.

a)      Tentukan aktor yang ada dalam sistem tersebut

b)      Buat use case diagram sistem tersebut, minimal terdapat 5 use case yang digunakan.

c)      Buat 2 activity diagram dari 5 use case yang dibuat pada use case diagram pada soal b.

d)     Buat class diagram untuk buku dan pengguna

e)      Buat sequence diagram untuk proses peminjaman buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: